Analisis Cakupan Materi Berdasarkan Literasi Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Pada Aplikasi Quipper dan Ruangguru

Sayyidaturroisah, (2021) Analisis Cakupan Materi Berdasarkan Literasi Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Pada Aplikasi Quipper dan Ruangguru. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya aplikasi pembelajaran yang beredar yang digunakan oleh siswa untuk sumber belajar lain selama pandemi yang menggunakan pembelajaran daring yang belum diteliti dari segi kualitas literasi biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas literasi biologi pada aplikasi pembelajaran M-Learning berdasarkan dimensi karakteristik pengetahuan, nilai sikap ilmiah dan metode proses secara inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Sampel penelitian berjumlah 2 aplikasi pembelajaran yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Unit analisis yang dijadikan bahan kajian dalam penelitian ini adalah kalimat yang memuat literasi biologi yang terdapat dalam aplikasi pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tabel sederhana berupa lembar analisis dimensi literasi biologi berdasarkan Uno dan Bybee. Hasil penelitian menunjukkan dimensi karakteristik pengetahuan kategori memadai pada aplikasi Ruangguru diperoleh 60,99%, cukup memadai diperoleh 39,01%, dan aspek kurang memadai 0% dan pada aplikasi quipper untuk aspek memadai yaitu 61,54%, aspek memadai 38,46%, pada aspek kurang memadai 0%. Selanjutnya pada dimensi nilai sikap ilmiah pada kategori memadai pada aplikasi Ruangguru diperoleh 90,10%, cukup memadai diperoleh 9,90%, dan aspek kurang memadai 0% dan pada aplikasi quipper untuk aspek memadai yaitu 93,44%,, aspek memadai 6,56%, pada aspek kurang memadai 0%. Dan pada dimensi proses secara inkuiri pada kategori memadai pada aplikasi Ruangguru diperoleh 100%, cukup memadai diperoleh 0%, dan aspek kurang memadai 0% dan pada aplikasi quipper untuk aspek memadai yaitu 94,74%, aspek memadai 5,26% pada aspek kurang memadai 0%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:32
Last Modified: 26 Jul 2022 05:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item View Item