Alisiniya Lauffita Maulidi, (2021) Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan lingkungan. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (419kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai pencetak sumber daya yang dituntut untuk menghasilkan output sesuai kebutuhan manusia terutama pada pembelajaran, permasalahan yang timbul di masa pembelajaran daring yaitu keterampilan berpikir kritis siswa yang masih rendah dan pembelajaran didominasi oleh guru sebagai sumber informasi utama, salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu menerapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom (2) perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis google classroom dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom (3) respon siswa terhadap pembelajaran biologi yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain pretest-postesttt control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA sebagai kelas kontrol SMAN 1 Babakan Cirebon dengan masing-masing kelas jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Hasil peneilitan menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Babakan Cirebon berjalan dengan baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata persentase pertemuan pertama 63% dan pertemuan kedua 77%. Berdasarkan hasil uji hipotesis keterampilan berpikir kritis, hasi statistic menunjukan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan anatara siswa kelas eksperimen yang dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom berdasarkan interpretasi rata-rata yang diperoleh persentase 76% respon yang menunjukan respon kuat. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7316 |
Actions (login required)
View Item |