Nina Annahdhiyyah, (2021) Peningkatan Minat Belajar Siswa MA An-Nur Setu Patok Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan terpenting dalam sistem pendidikan. Proses pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan mudah dan juga instan, namun memerlukan banyak perhatian dan faktor pendukung untuk memahamkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat dikalangan masyarakat sendiri, Dengan rata-rata 90% siswa di sekolah merupakan pengguna smartphone. Dalam hal ini diharapkan siswa dapat memanfaatkan smartphone tersebut sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran terutama dimasa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada korelasi pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom terhadap peningkatan minat belajar siswa MA An-Nur kelas IX dimasa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. penelitian dilaksanakan diMA An-Nur Setu Patok dengan sampel sebanyak satu kelas yang terdiri dari 24 siswa. instrumen penelitian menggunakan angket dengan jumlah 20 pertanyaan yang terdiri dari angket pretets dan angket posttets. sedangkan teknik yang digunakan untuk mengelola data terdiri dari uji coba instrumen, uji validasi, uji reabilitasi dan uji statistik. Prosedur penelitian dimulai dari penentuan waktu dan tempat penelitian hingga penarikan kesimpulan. Mengenai hasil rata-rata pretest minat belajar siswa sebesar 59,31 sedangkan posttest 78,54. maka hubungannya adalah cukup. Pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan minat belajar siswa efektif digunakan dalam proses pembelajaran. menurut hasil berdasarkan output SPSS hasil belajar meningkat yaitu sebesar 0,599. Nilai korelasi ini berada di antara 0,400 sampai dengan 0,599 maka hubungannya adalah cukup
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 05:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7323 |
Actions (login required)
View Item |