Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam Dengan Asesmen Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa

Uyumatul Ummah, (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam Dengan Asesmen Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Bachelor thesis, S1 Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia dituntut mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21 salah satunya berupa keterampilan berpikir kreatif (KBK). Faktanya keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL) terintegrasi nixlai Islam dengan asesmen mind mapping, kemudian untuk menganalisis KBK siswa melalui penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping dan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping. Metode penelitian menggunakan true eksperimental design dengan desain postest only control design. Lokasi penelitian di SMAN 1 Dukupuntang dengan jumlah responden yang diamati sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan populasi seluruh siswa IPA kelas X. Adapun kelas yang dipilih yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, mind map dan angket. Sedangkan teknik pengolahan data berupa uji nomalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa yang diterapkan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping meningkat dengan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa 88 terklasifikasi sangat baik. Penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping secara signifikan mampu meningkatkan KBK siswa dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000. Respon siswa terhadap model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping positif dengan terkategori berminat (67,8). Adapun temuan dalam penelitian ini yakni siswa membutuhkan stimulasi lebih agar mampu mengintegrasikan nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan saat pembelajaran online. Dapat disimpulkan bahwa model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:54
Last Modified: 07 Dec 2022 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item