Meta- Analisis Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Biologi

Ayu Wulandari, (2021) Meta- Analisis Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Biologi. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Data dari berbagai penelitian terdahulu dalam bidang pendidikan terkhusus model Project Based Learning tersedia cukup melimpah dalam bentuk jurnal maupun skripsi mahasiswa dari berbagai kampus dan terpublikasi secara nasional. Belum banyak penelitian meta-analisis terbaru yang menganalisis model pembelajaran Project Based Learning yang berfokus pada bidang Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguji kembali keefektifan suatu hasil penelitian dengan tema tersebut. Metode yang digunakan adalah meta�analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil�hasil penelitian yang telah dipublikasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pembelajaran Biologi. Keseluruhan sampel adalah 104 artikel publikasi ilmiah dengan tema terkait diatas yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020 pada jenjang SLTP dan SLTA. Diperoleh 47 artikel yang sesuai kriteria peneliti, teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan besaran pengaruh (Effect size). Berdasarkan analisis nilai besar pengaruh secara keseluruhan di kategorikan dalam efek besar dengan nilai effect size (d=4,95). Temuan analisis juga menunjukan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan SLTA dengan nilai (d=6,28) dan SLTP (d=2,26) kategori besar, materi yang dipelajari pada kedua jenjang sistem Ekskresi memiliki nilai (d=8,54) kategori besar, hubungan pendidikan dengan materi yang diajarkan SLTA memiliki niali lebih besar (d=7,97) kategori besar sedangkan SLTP (d=0,75) kategori sedang dan variable terikat penelitian pada pemahaman konsep memiliki nilai (d=8,54) kategori besar. Hal ini menunjukan bahwa model Project Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini. Data dari berbagai penelitian terdahulu dalam bidang pendidikan terkhusus model Project Based Learning tersedia cukup melimpah dalam bentuk jurnal maupun skripsi mahasiswa dari berbagai kampus dan terpublikasi secara nasional. Belum banyak penelitian meta-analisis terbaru yang menganalisis model pembelajaran Project Based Learning yang berfokus pada bidang Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguji kembali keefektifan suatu hasil penelitian dengan tema tersebut. Metode yang digunakan adalah meta�analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil�hasil penelitian yang telah dipublikasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pembelajaran Biologi. Keseluruhan sampel adalah 104 artikel publikasi ilmiah dengan tema terkait diatas yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020 pada jenjang SLTP dan SLTA. Diperoleh 47 artikel yang sesuai kriteria peneliti, teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan besaran pengaruh (Effect size). Berdasarkan analisis nilai besar pengaruh secara keseluruhan di kategorikan dalam efek besar dengan nilai effect size (d=4,95). Temuan analisis juga menunjukan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan SLTA dengan nilai (d=6,28) dan SLTP (d=2,26) kategori besar, materi yang dipelajari pada kedua jenjang sistem Ekskresi memiliki nilai (d=8,54) kategori besar, hubungan pendidikan dengan materi yang diajarkan SLTA memiliki niali lebih besar (d=7,97) kategori besar sedangkan SLTP (d=0,75) kategori sedang dan variable terikat penelitian pada pemahaman konsep memiliki nilai (d=8,54) kategori besar. Hal ini menunjukan bahwa model Project Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini. Data dari berbagai penelitian terdahulu dalam bidang pendidikan terkhusus model Project Based Learning tersedia cukup melimpah dalam bentuk jurnal maupun skripsi mahasiswa dari berbagai kampus dan terpublikasi secara nasional. Belum banyak penelitian meta-analisis terbaru yang menganalisis model pembelajaran Project Based Learning yang berfokus pada bidang Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguji kembali keefektifan suatu hasil penelitian dengan tema tersebut. Metode yang digunakan adalah meta�analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil�hasil penelitian yang telah dipublikasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pembelajaran Biologi. Keseluruhan sampel adalah 104 artikel publikasi ilmiah dengan tema terkait diatas yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020 pada jenjang SLTP dan SLTA. Diperoleh 47 artikel yang sesuai kriteria peneliti, teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan besaran pengaruh (Effect size). Berdasarkan analisis nilai besar pengaruh secara keseluruhan di kategorikan dalam efek besar dengan nilai effect size (d=4,95). Temuan analisis juga menunjukan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan SLTA dengan nilai (d=6,28) dan SLTP (d=2,26) kategori besar, materi yang dipelajari pada kedua jenjang sistem Ekskresi memiliki nilai (d=8,54) kategori besar, hubungan pendidikan dengan materi yang diajarkan SLTA memiliki niali lebih besar (d=7,97) kategori besar sedangkan SLTP (d=0,75) kategori sedang dan variable terikat penelitian pada pemahaman konsep memiliki nilai (d=8,54) kategori besar. Hal ini menunjukan bahwa model Project Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Jul 2022 05:15
Last Modified: 26 Jul 2022 05:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7343

Actions (login required)

View Item View Item