Penerapan Aplikasi Google Classroom Pada Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Di SMA NEGERI 1 JAMBLANG

Nur Faizah, (2021) Penerapan Aplikasi Google Classroom Pada Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Di SMA NEGERI 1 JAMBLANG. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid – 19 berdampak ke berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial termasuk juga pendidikan dan kebudayaan. Untuk keberlangsungan proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah peserta didik masing – masing melalukan pembelajaran secara daring (online), penerapan pembelajaran secara daring maka membutuhkan kesiapan untuk tenaga pendidikann maupun guru. Salah satunya metode pembelajaran online saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah Aplikasi Google Classroom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bertanya siswa pada saat pembelajaran daring menggunakan Aplikasi Google Classroom. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya penerapan aplikasi google classroom pada proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji keterampilan bertanya siswa sebelum penerapan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran di kelas XI IPA dalam proses pembelajaran biologi materi sistem eksresi, untuk mengkaji respon siswa dalam proses pembelajaran biologi materi sistem eksresi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jamblang dengan populasi seluruh siswa kelas XI jurusan IPA dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Instrumen dan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Prosedur penelitian dimulai dari penentuan waktu dan tempat penelitian, pembuatan instrumen, validasi instrumen, pengambilan data, analisis data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pemahaman pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom yang baik, tingkat keterampilan bertanya antara kelas konrtol / kelas yang menggunakan aplikasi PSMA dengan kelas eksperimen / kelas yang menggunakan aplikasi google classroom mengalami perbedaan yang signifikan dimana pada kelas eksprimen pertemuan pertama tingkat keterampilan bertanya terdapat perbedaan keterampilan bertanya siswa antara kelas yang menggunakan Aplikasi Google Classroom dengan kelas yang menggunakan Aplikasi PSMA, hal ini dilihat dari persentase setiap pertemuan yang mengalami peningkatan. Rekapitulasi hasil observasi keterampilan bertanya siswa pada kelas eksperimen di pertemuan pertama persentasenya menunjukkan 53% dengan kriteria cukup dan 76% dengan kriteria baik di pertemuan kedua. Pada kelas kontrol persentasenya 50% dan 56% pada pertamuan pertama dan kedua dengan kriteria cukup Dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi google classroom pada proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa di SMA Negeri 1 Jamblang mengalami peningkatan keterampilan bertanya siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:37
Last Modified: 26 Jul 2022 05:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item