Pengaruh Literasi Keuangan Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon ( Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Shopeepay)

I. Sutini, (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon ( Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Shopeepay). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

I.SUTINI NIM 1808204088. “PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN MODERNITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (STUDI KASUS PADA PENGGUNA LAYANAN SHOPEEPAY)”. Skripsi 2022. Fakta yang banyak ditemukan saat ini mahasiswa yang serba uptodate dan mengetahui apa saja yang menjadi tren, membuat mahasiswa mengikuti tren terkini. Mahasiswa lebih mengutamakan keinginanya dengan membeli barang yang digunakan untuk menampilkan tren demi menjaga status sosial agar tidak ketinggalan zaman. Hal inilah yang dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Berdasarkan observasi awal, menunjukan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif dalam menggunakan layanan Shopeepay. Dari segi literasi keuangan mahasiswa masih sedikit dalam membuat catatan keuangan pribadi, mahasiswa kurang bijak dalam menggunakan uang sering berbelanja dibandingkan menabung atau investasi. Modernitas berpengaruh pada perilaku konsumtif mahasiswa, mahasiswa Ekonomi Syariah kebanyakan berbelanja apa saja yang menarik dan cenderung impulsif dalam berbelanja, mengikuti tren penggunaan dompet digital untuk membeli barang-barang yang diinginkan dan selaras dengan teman sebaya di lingkungannya, hal ini menyebabkan perilaku konsumtif karena tidak mengutamakan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan modernitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menggunakan layanan dompet digital Shopeepay. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobality sampling dengan metode Purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t diperoleh literasi keuangan (X1) dengan nilai thitung 6,635 > ttabel 1,662 dengan nilai Sighitung 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sedangkan modernitas (X2) diperoleh dengan nilai thitung -0,352 < ttabel 1,662 dan nilai Sighitung 0,726 > 0,05. Artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Secara parsial modernitas tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Berdasarkan hasil uji f diperoleh nilai Fhitung 22,404 > Ftabel 3,10 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Secara simultan literasi keuangan dan modernitas berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kata kunci: Literasi Keuangan, Modernitas, Perilaku Konsumtif, Shopeepay

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:55
Last Modified: 27 Jul 2022 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item