Mar Atus Sholeha, (2021) Analisis Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 ditinjau dari tingkat Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik pada Konsep Sistem Reproduksi. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Upaya untuk meningkatkan pendidikan tidak terlepas dari bagaimana kualitas pengajar, sarana dan prasarana yang mendukung, bahkan dari sumber belajar yang digunakan dari suatu lembaga pendidikan, salah satunya yaitu buku teks. Buku teks sangat penting sebagai sember ilmu pengetahuan, memberi petunjuk kegiatan, memberi motivasi, memberi pertanyaan-pertanyaan, menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketepatan konsep dan tingkat akomodasi pendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan tiga sampel buku teks yang digunakan di sekolah SMA/MA di Kota dan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi secara mendalam terhadap buku teks.Analisis yang dilakukan meliputi ketepatan konsep dan analisis terhadap tingkat akomodasi pendekatan saintifik yang termuat dalam buku yang meliputi aspek mengamati, aspek menanya, aspek menalar, aspek mencoba dan aspek mengmunikasikan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat ketepatan konsep dari ketiga buku sampel memiliki persentase konsep memadai paling tinggi yaitu buku teks terbitan Erlangga pada materi sistem reproduksi manusia memiliki konsep memadai lebih banyak dibandingkan dengan konsep kurang atribut kritis dan konsep tidak ada dalam buku. Tingkat akomodasi pendekatan saintifik pada buku teks terbitan Erlangga ini memiliki materi dan fitur-fitur yang mendominasi adalah mengamati (Observing), sedangkan aspek yang paling sedikit yang terdapat dalam buku teks adalah aspek mencoba (Eksperimenting). Dalam aspek yang disuguhkan pada buku teks terbitan Erlangga terdapat seluruh aspek saintifik dan hal ini cukup baik dalam tingkat akomondasi pendekatan saintifiknya.Pada buku teks terbitan Grafindo terdapat tiga aspek pendekatan saintifik dari kelima aspek pendekatan saintifik yang ada, diantaranaya yaitu aspek mengamati (Observing), aspek menanya (Questioning), dan aspek menalar (Associeting). Tingkat akomodasi pendekatan saintifik pada buku teks terbitan Yudhistira termuat selurus aspek pendekatan saintifik, adapun yang paling dominan yaitu aspek mengamati (Observing)dan yang paling minim yaitu pada aspek menanya (Questioning) dan aspek mencoba (Eksperimenting).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:55 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7520 |
Actions (login required)
View Item |