Analisis Bahan Ajar Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Nasional Berdasarkan Muatan Litersi Sains Pada Materi Sistem Pernapasan

Tuti Susilawati, (2022) Analisis Bahan Ajar Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Nasional Berdasarkan Muatan Litersi Sains Pada Materi Sistem Pernapasan. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan salah satu media pendidikan yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, karena dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media yang sangat penting untuk menunjang tercapainya kompetensi yang merupakan tujuan pembelajaran. buku teks salah satu perangkat dasar dalam pendidikan yang dapat meningkatkan literasi saian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas isi, dan perbedaan jumlah kemunculan dari buku teks Biologi SMA kelas XI pada materi sistem pernapasan berdasarkan literasi sains. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik pendekatan kualitatif dengan metode analisis dokumen yang bertujuan untuk menggambarkan kualitas isi dan perbedaan jumlah kemunculan literasi sains pada buku teks biologi. Adapun objek dalam penelitian berupa teks dan paragraf halaman pada buku teks biologi kelas XI khususnya Sistem Pernapasan. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat literasi sains berdasarkan kemunculan pada buku penerbit yrama widya kategori sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 78,12% (Sedang), cara berpikir adalah 5,20% (sangat rendah), cara untuk menyelidiki adalah 7,29% (sangat rendah), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 9,37% (sangat rendah). Pada buku penerbit erlangga yaitu kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 61,35% (Sedang), sains cara berpikir adalah 5,31% (sangat rendah), sains cara untuk menyelidiki 17,87% (sangat rendah), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 15,45% (sangat rendah). Perbandingan literasi sains pada buku teks penerbit yrama widya 48,12% (sedang) dan pada penerbit erlangga 51,87% (sedang).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:24
Last Modified: 28 Jul 2022 04:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7545

Actions (login required)

View Item View Item