Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Springkle Box di RA Miftahul Ulum Kabupaten Cirebon

Fanny Rahmawati, (2022) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Springkle Box di RA Miftahul Ulum Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran di RA Miftahul Ulum Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan Kecerdasan kinestetik anak yang masih sangat kurang, kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak hanya berupa kegiatan senam yang dilakukan seminggu sekali, tanpa adanya media pembelajaran lain yang dapat menstimulasi dan membantu dalam meningkatkan kecerdasan kinesetetik anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan kinestetik anak. Kesadaran orangtua dan pendidik akan pentingnya kecerdasan kinetetik anak sangat kurang sekali. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti memilikitujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan media springkle box untuk membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) melalui rangkaian empat kegiatan diantaranya ialah perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahul Ulum Kabupaten Cirebon menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, dan 3) Wawancara. Jenis analisis data yang dihasilkan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari perhitungan kuantitatif deskriptif kemudian dideskripsikan secara naratif. Analisis dilakukan pada setiap siklus dengan teknik deskripif presentase. Keseluruhan hasil dari penilaian berdasarkan jumlah anak dan indikator terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu sebagai berikut: Hasil Pra Siklus mendapatkan nilai sebesar 47,35% dan Hasil Siklus 1 mendapatkan nilai sebesar 72,60% sehingga terjadi peningkatan sebesar 25,25%. Sedangkan pada Siklus 2 setelah melakukan refleksi dari siklus 1 dan perbaikan-perbaikan lainnya mendapatkan hasil sebesar 93,75% sehingga dari Siklus 1 ke Siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 20,68%. Dapat disimpulkan bahwa media springkle box dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini pada anak kelompok B3 di RA Miftahul Ulum Kabupaten Cirebon

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:13
Last Modified: 04 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item