Hilda Rizki Imaniar, (2022) Upaya Melestarikan Budaya Pencak Silat Seni Ibing Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Perguruan Budi Asih Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Cover, Abstrak, Persetujuan dll CD.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Skripsi PDF.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Skripsi PDF.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya kesadaran masyarakt dalam melestariakan budaya pencak silat seni ibing untuk mengembangkan motorik kasar anak usia dini, anak perlu di perhatikan disaat anak mengikuti latihan pencak silat seni ibing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya perguruan Budi Asih dalam melestarikan pencak silat seni ibing, dan serta mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 2 instruktur pelatih 5 murid yang berusia 6 tahun di perguruan Budi Asih dan 5 orang tua murid. Penelitian ini dilakukan dalam waktu 6 bulan yakni bulan Januari ampai bulan Juni. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data penarikan kesimpulan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya perguruan Budi Asih dalam melestarikan pencak silat seni ibing ingin melestarikan kembali budaya pencak sliat seni ibing dengan mengajarkan anak-anak usia dini untuk meneruskan generasi yang lebih muda, penyelenggaraan budaya silat seni ibing untuk mengembangkan motorik kasar anak usia dini, pelatih berkolaborasi dengan orang tua agar anak selalu bersemangat dalam latihan dan pelatih mengajarkan anak sesuai usia anak. Kemudian dilihat dari perkembangan motorik kasar anak usia dini setelah mengikuti olahraga pencak silat seni ibing anak mampu mengikuti gerakan yang diperagakan oleh pelatih, seperti halnya anak bisa melakukan tendangan, pukulan, kuda-kuda, latihan fisik seperti situp, back up, lari zigzag dan lain sebagainya. Adapun anak bisa melakukan gerakan perjurus dan mengikuti alur musik, mengajarkan dengan metode praktek langsung oleh pelatih.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:14 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7604 |
Actions (login required)
View Item |