PERAN GURU BK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN PERUNDUNGAN(BULLYING) DI SMPN 6 KOTA CIREBON.

PUTRI RIZKITA FAJARYANTI, (2022) PERAN GURU BK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN PERUNDUNGAN(BULLYING) DI SMPN 6 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1. COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Kasus perundungan kian marak terjadi di dalam lingkungan sekolah, dengan berbagai faktor penyebab, dan bentuk perundungan yang terjadi, perundungan yang terjadi di sekolah memberikan sederet dampak negatif bagi siswa yang menjadi korban bullying, salah satu dampak negatif dari segi akademis yaitu siswa kehilangan motivasi dalam belajar di sekolah. Siswa yang kehilangan motivasi dalam belajar tersebut memerlukan peran guru BK untuk diberikannya pelayanan yang tepat sehingga siswa mendapatkan motivasi belajarnya kembali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku perundungan dapat terjadi di SMPN 6 Kota Cirebon, mengetahui penyebab hilangnya motivasi belajar pada siswa yang menjadi korban bullying di SMPN 6 Kota Cirebon serta mengetahui peran guru BK di SMPN6 Kota Cirebon dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa korban perundungan. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dengan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah, guru BK dan siswa di SMPN 6 Kota Cirebon, wawancara kepada guru BK dan siswa SMPN 6 Kota Cirebon serta dokumentasi dengan mengumpulkan berbagai data berupa foto, buku dan data sekolah lalu dianalisis untuk ditarik kesimpulan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa korban perundungan di SMPN 6 Kota Cirebon, terdapat peran guru BK yaitu guru BK berperan sebagai support sistem yang selalu memantau dengan intens kondisi dan perkembangan siswa korban perundungan, guru BK berkaloborasi wali kelas dan orang tua siswa. Adapun layanan yang diberikan guru BK di SMPN 6 Kota Cirebon yaitu layanan informasi yang diberikan kepada seluruh siswa, layanan konseling kelompok yang diberikan kepada pelaku perundungan dan layanan konseling individual untuk siswa korban perundungan, melalui layanan-layanan BK tersebut, guru BK mampu menumbuhkan kembali motivasi belajar siswa korban perundungan, siswa korban perundungan mendapatkan motivasi belajarnya kembali.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Motivasi Belajar, Siswa Korban Perundungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:40
Last Modified: 28 Oct 2022 02:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item