KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MENYAMPAIKAN NILAI�NILAI AKHLAK ISLAMI KEPADA SISWA TPQ AR-RAHMAN DESA KANCI KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Siti Nur Kholifa, (2022) KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MENYAMPAIKAN NILAI�NILAI AKHLAK ISLAMI KEPADA SISWA TPQ AR-RAHMAN DESA KANCI KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Akhlak Islami merupakan akhlak baik yang mesti dimiliki oleh umat Islam sedini mungkin. Untuk itu akhlak Islami penting untuk diajarkan. Pada masa ini banyak sekali anak-anak yang sudah mengenal handphone dan melihat berbagai tontonan didalamnya, ditambah, orang tua yang tidak memberikan pengawasan ketat terhadap anak, sehingga menimbulkan kebebasan dalam diri anak. Oleh karena itu setiap anak perlu untuk dibekali pemahaman mengenai mana yang baik dan mana yang buruk, sebagai bekal pembentukan akhlak Islami dalam diri setiap anak. Pada penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana Pengajar di TPQ Ar-Rahman dalam mengemas pesan komunikasi dakwah tentang nilai-nilai akhlak Islami? (2) Bagaimana metode dan media yang digunakan pengajar dalam menyampaikan pesan nilai-nilai akhlak islami di TPQ Ar-Rahman? (3) Bagimana efek penyampaian pesan nilai-nilai akhlak Islami pada perubahan akhlak anak-anak di TPQ Ar-Rahman? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengemasan pesan komunikasi dakwah tentang nilai-nilai akhlak Islami yang dilakukan pengajar di TPQ AR-Rahman. (2) untuk mengetahui metode dan media yang digunakan pengajar dalam menyampaikan pesan nilai-nilai akhlak Islami. (3) untuk mengetahui efek penyampaian pesan nilai-nilai akhlak Islami pada perubahan akhlak anak-anak di TPQ Ar-Rahman. Untuk menjawab persoalan, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menghasilkan data-data yang sesuai dengan kenyataan dilapangan. eknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data menurut Cresswel. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan (1) Pengajar TPQ Ar-Rahman memiliki 4 tahap pengemasan dalam menyampaian pesan komunikasi dakwahnya, yakni, mengemas pesan dengan melihat perilaku siswa selama di Lingkungan TPQ Ar-Rahman, Memilih bentuk penyampaian komunikasi dakwah dengan nasihat (perkataan yang baik, menyentuh perasaan), Mempersiapkan penyampaian komunikasi dakwah dengan mencari referensi tambahan, memiliki tujuan penyampaian komunikasi dakwah tentang nilai-nilai aklak Islami. (2) Pengajar TPQ Ar-Rahman menggunakan metode dakwah al�Mauidzhah Hasanah yakni pembelajaran yang baik, media komunikasi dakwahnya yakni dengan dongeng Islami dan juga menampilkan Video Inspiratif. (3) Efek dakwahnya yakni Hormat dan segan terhadap guru, mau untuk belajar mengerjakan ibadah sholat, tertib ketika sholat dimasjid, terbiasa mengucap salam ketika masuk dan keluar rumah, berlaku baik pada teman dan mendengarkan perkataan orang tua.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah, Metode, Media, Nilai-nilai Akhlak Islami, Taman Pendiikan Al-Qur’an (TPQ).
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:40
Last Modified: 05 Dec 2022 05:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item