STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIREBON DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI PEMBATALAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020- 2021

Feni Naila Zulfah, (2022) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIREBON DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI PEMBATALAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020- 2021. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi membatalkan pemberangkatan jamaah haji. Dengan adanya Informasi pembatalan ibadah haji di masa pandemi covid-19 ini, yang menimbulkan kegelisahan, kekhawatiran, dan kecewa, akibat dari perasaan�perasaan itu bisa menjadi kekacauan sosial. 1. Bagaimana strategi Humas kantor Kementerian Agama Kota Cirebon dalam penyebarluasan informasi pembatalan ibadah haji 2. Bagaimana Kemenag Kota mengatasi hambatan dalam penyebarluasan informasi pembatalan ibadah haji. 3. Bagaimana Kemenag Kota memanfaatkan faktor- faktor pendukung penyebarluasan informasi pembatalan ibadah haji. 4. Bagaimana respon jamaah haji terkait informasi pembatalan haji yang diberikan oleh Humas Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Untuk mengetahui strategi Humas Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon dalam penyebarluasan informasi terkait pembatalan ibadah haji, untuk mengetahui hambatan Humas Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon dalam penyebarluasan informasi terkait pembatalan ibadah haji, untuk mengetahui faktor- faktor pendukung penyebarluasan informasi pembatalan ibadah haji, untuk mengetahui respon jamaah haji terkait informasi yang diberikan oleh Humas Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon terkait pembatalan ibadah haji. Jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, menggunakan sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data, dengan metode yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori menurut Robert K. Yin yaitu perjodohan pola dan eksplanasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas menggunakan strategi, 1) Strategy of Publicity, 2) Strategy of Persuation, 3) Strategy of Argumentation, 4) Strategi of Image. Untuk mengatasi hambatannya yakni bekerja sama dengan seksi penyelenggara ibadah haji dan umrah, KBIH, dan KUA. Faktor pendukungnya dengan melakukan konferensi pers, kerjasama dengan para wartawan, mengadakan sosialisasi, dan mengadakan semacam posko untuk konsultasi mengenai informasi pembatalan ibadah haji. Respon jamaah haji menggunakan teori respon kognitif, respon afektif, dan respon psikomotorik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Pembatalan Ibadah Haji, Calon Jamaah haji
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:51
Last Modified: 05 Dec 2022 05:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item View Item