STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PAGUYUBAN PERAJIN DAN PENGUSAHA BATIK CIREBON (P3BC) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBERMANFAATAN PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERAJIN DAN PENGUSAHA BATIK DI DESA TRUSMI

Muhammad Ridwan Akbar, (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PAGUYUBAN PERAJIN DAN PENGUSAHA BATIK CIREBON (P3BC) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBERMANFAATAN PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERAJIN DAN PENGUSAHA BATIK DI DESA TRUSMI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
Cover-daftar isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Salah satu warisan budaya turun temurun nenek moyang bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan keberadaan dan keberagamannya adalah batik. Kesejahteraan para perajin batik, menjadi hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena mereka merupakan pemegang tongkat estafet warisan budaya yang harus disejahterakan baik itu secara materiil maupun sosial. Terdapat penghubung atau yang menjembatani antara perajin dan pengusaha batik di Cirebon yaitu Paguyuban perajin dan pengusaha batik Cirebon (P3BC). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pertanyaan penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana strategi komunikasi paguyuban perajin dan pengusaha batik Cirebon dalam upaya melakukan penerapan untuk meningkatkan kebermanfaatan komunikasi pemasaran terhadap para perajin dan pengusaha di Trusmi? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan P3BC dalam membantu para pengusaha dan perajin batik untuk membuka peluang usaha dan menjadikan batik Cirebon menjadi lebih dikenal? (3) Bagaimana kebermanfaatan strategi-strategi komunikasi yang digunakan oleh P3BC terhadap para perajin dan pengusaha? tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan paguyuban pengusaha dan perajin batik Cirebon dalam upaya melakukan penerapan untuk meningkatkan kebermanfaatan komunikasi pemasaran terhadap perajin dan pengusaha di Trusmi (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan P3BC dalam membantu pengusaha dan perajin batik dalam membuka peluang usaha dan menjadikan batik Cirebon menjadi lebih dikenal dengan strategi komunikasi yang digunakan. (3) Untuk mengetahui kebermanfaatan strategi-strategi komunikasi yang digunakan oleh P3BC terhadap para perajin dan pengusaha. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara Dengan teknik analisis data menggunakan studi kasus Cresswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi komunikasi paguyuban pengusaha dan perajin batik cirebon dalam upaya meningkatan kebermanfaatan komunikasi pemasaran terhadap perajin dan pengusaha di Trusmi meliputi (a) Perencaanan metode (b) Mengorganisasikan (c) Meningkatkan penyampaian informasi (d) pencegahan. (2) upaya yang dilakukan P3BC dalam membantu pengusaha dan perajin batik dalam membuka peluang usaha dan menjadikan batik Cirebon menjadi lebih dikenal (a) bertukar ide (b) menciptakan inovasi (c) membangun relasi (d) meregenerasi. (3) kebermafaatan strategi-strategi komunikasi yang digunakan oleh P3BC terhadap para perajin dan pengusaha ,meliputi (a) hubungan terjalin baik (b) mengembangkan skill anggota paguyuban (c) membuka lapangan pekerjaan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Filsafat (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:48
Last Modified: 05 Dec 2022 07:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item