Euis Fatonah, (2022) KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VII MTs DARUL MASHOLEH CIREBON DALAM MENULIS TEKS NARASI. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan menulis yang dibuktikan dari data hasil penelitian (IEA), anak Indonesia dinyatakan bahwa sekitar 50% siswa kelas VI SD di enam provinsi Primary Education Quality Improvement Project (PEQIP) daerah binaan belum bisa mengarang. Hal yang menarik sekaligus melatar belakangi penelitian ini adalah kemampuan menulis dan menggunakan kalimat efektif pada pelajar. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII MTs Darul Masholeh Cirebon dalam menggunakan kalimat efektif. Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII MTs Darul Masholeh dalam menulis teks narasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Darul Masholeh Cirebon yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpuan data dilakukan dengan teknik tes menulis teks narasi untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Instrument yang digunakan yaitu penilaian kemampuan menulis teks narasi dan kemampuan menggunakan kalimat efektif, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan model analisis reduksi data, penyajian data, menyimpulkan, dan menganalisis terhadap penggunaan kalimat efektif. Berdasarkan hasil analisis kemampuan menggunakan kalimat efektif pada siswa kelas VII MTs Darul Masholeh Cirebon termasuk kriteria kurang baik dalam menggunakan kalimar efektif. 5 responden dengan kriteria kurang baik, 3 dengan kriteria baik dan 2 dengan kriteria tidak baik. Dan dalam Penggunaan kalimat efektif dari 13 responden terdapat 20 kalimat yang termasuk dalam kalimat kesepadana, 1 kalimat kepararelan, 32 kalimat kehematan, 13 kalimat kecermatan, 13 kalimat kepaduan, 13 kalimat kelogisan, kemudian 12 kalimat yang tidak termasuk kalimat kepararelan dan 4 kalimat kecermatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, kalimat efektif |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8444 |
Actions (login required)
View Item |