Titin Maryati, (2022) Basa-basi dalam Kegiatan Jual Beli di Pasar Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon (Kajian Pragmatik). Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Fenomena basa-basi di lingkungan pasar, khusunya Pasar Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon ini cenderung lebih sering dituturkan karena beberapa alasan, karena hal tersebut, pembeli mengaku merasa pusing dalam mendengar maupun melakukan komunikasi tersebut. Hal ini yang mendorong dalam melakukan penelitian mengenai basa-basi dalam kegiatan jual beli di Pasar Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk basa-basi dalam kegiatan jual beli dan strategi basa-basi tawar menawar dalam kegiatan jual beli di Pasar Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Penelitian basa-basi dalam kegiatan jual beli di Pasar Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan pragmatis. Sumber data penelitian ini yaitu penjual dan pembeli, data yang didapat yaitu tuturan dari penjual dan pembeli. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik libat cakap, kemudian didukung oleh teknik rekam dan catat. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kartu data yang berbentuk tabel sebagai instrumen pengumpulan datanya. Metode untuk menguji kredibilitas data yaitu menggunakan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik dasar yang digunakan yaitu dengan Pilah Unsur Penentu. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpun bahwa perbedaan bentuk basa-basi dalam kegiatan jual beli dan strategi basa-basi taar menawar yaitu terletak pada subkategorinya. Strategi basa-basi tawar menawar dapat digunakan oleh penjual maupun pembeli agar maksud yang disampaikan penutur dapat tersampaikan dengan baik kepada lawan tutur yaitu menemukan kesepakatan. Bagi penjual yang melakukan strategi ini bertujuan supaya dapat menjual barang dengan harga yang bagus baginya, sedangkan bagi pembeli melakukan strategi ini supaya dapat membeli dengan harga yang rendah sesuai dengan keinginannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kajian pragmatik, basa-basi, tindak tutur, bentuk basa-basi, strategi basa-basi tawar menawar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:06 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8446 |
Actions (login required)
View Item |