Alfarabi Maulana, (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT DASAR BERBASIS WEB. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1. COVER S.D. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) terus mengalami perkembangan. Hal tersebut berdampak pada kebutuhan perangkat pendukung pembelajaran BIPA. Untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan tersebut, maka perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan bersama. Web merupakan salah satu pilihan jenis media terbaik untuk mengembangkan sebuah purwarupa platform pembelajaran BIPA yang bebas akses. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pengajar dan/atau pemelajar BIPA terhadap media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web, serta membuat sebuah prototipe media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan yang telah dideskripsikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan untuk meneliti, merancang, memproduksi, dan menguji validitas produk yang telah dihasilkan. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pendahuluan dan tahap perancangan. Tahap pendahuluan bertujuan meneliti kebutuhan pengajar dan/atau pemelajar BIPA terhadap web pembelajaran BIPA. Data dalam tahap ini bersumber dari literatur, seperti artikel ilmiah dan esai oleh pegiat BIPA, serta video ungkapan pendapat pemelajar BIPA mengenai pembelajaran bahasa Indonesia. Tahap perancangan dilakukan untuk mengembangkan web pembelajaran BIPA serta memvalidasi produk tersebut. Data dalam tahap ini bersumber dari kuesioner validasi pakar pembelajaran BIPA dan pakar media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini pada tahap pendahuluan ialah deskripsi kebutuhan terhadap media pembelajaran BIPA berbasis web. Kebutuhan tersebut terbagi menjadi dua tema yaitu: 1) kebutuhan materi; dan 2) kebutuhan pengembangan program BIPA. Kebutuhan materi terdiri atas kebutuhan terhadap materi bunyi abjad dalam bahasa Indonesia, afiksasi, kata-kata yang mirip dengan makna yang sangat berbeda, gaya bahasa kasual, gaya bahasa pesan singkat, dan sinonim. Kebutuhan pengembangan program BIPA terdiri atas potensi meningkatkan jangkauan program BIPA secara internasional serta potensi mengembangkan web pembelajaran BIPA dengan fitur-fitur yang dapat digunakan secara gratis. Sedangkan, hasil tahap perancangan produk web pembelajaran BIPA tingkat dasar yang desainnya terdiri atas tiga laman utama yaitu: 1) laman beranda; 2) laman daftar materi; dan 3) laman materi. Desain produk tersebut dinyatakan valid dengan tingkat kelayakan 71.52%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Indonesia bagi penutur asing; media pembelajaran; web |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:14 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8447 |
Actions (login required)
View Item |