ANALISIS STRUKTUR CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS XI SMK SULTAN AGUNG SUMBER DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PEMBELAJARAN

Ane Rahmawati, (2022) ANALISIS STRUKTUR CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS XI SMK SULTAN AGUNG SUMBER DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PEMBELAJARAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan bagaimana strukturalisme Robert Stanton pada cerpen karya siswa, dan pemanfaatan instrumen pembelajaran cerpen kelas XI SMK Sultan Agung Sumber. Berdasarkan teori Robert Stanton, mendeskripsikan tiga unsur dalam membangun cerita dalam cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu SMK Sultan Agung Sumber. Metode yang digunakan pada pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak. Metode tersebut dilaksanakan dengan memakai teknik dasar yang lazim disebut teknik sadap. Metode ini ditempuh melalui penyimakan dan pengamatan utnuk mendapatkan data penelitian. Data tersebut berupa kata-kata, kalimat, wacana yang merupakan ragam bahasa tulis pada cerpen karya siswa. Pada proses penelitian, teknik lanjutan yang digunakan yakni teknik simak libat cakap. Teknik lain yang dipakai pada penelitian ini, yaitu teknik catat. Data pada penelitian ini berbentuk tulis sehingga digunakan teknik catat. Penelitian dilakukan dengan cara menyimak cerpen karya siswa, selanjutnya melakukan analisis data dengan teori strukturalisme Robert Stanton dan instrumen pembelajaran cerpen di kelas XI SMK Sultan Agung Sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi fakta cerita terdiri dari alur, karakter, dan latar yang diangkat dalam suatu cerita pendek karya siswa. Berawal dari alur cerita, disatukan dengan adanya karakter setiap tokoh dan latar tempat, waktu untuk menunjukkan kesatuan fakta cerita. Dari segi tema yang diangkat dalam cerpen karya siswa pun beragam. Salah satunya yang mengkisahkan kesedihan dilami oleh tokoh utama karena memiliki keluarga yang tak utuh. Sedangkan sarana sastra yang dapat dibagi menjadi lima yaitu judul, sudut pandang, gaya dan tone, ironi. Namun dari 40 siswa terdapat 20 siswa yang kurang menguasai cerpen. Kemudian instrumen pembelajaran cerpen siswa kelas XI SMK Sultan Agung Sumber, sebagai alat instrumen menggunakan tes berupa soal plihan ganda dan esai. Untuk melihat kemampuan siswa selama proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strukturalisme Robert Stanton, Cerpen, Karakteristik Siswa, Instrumen pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:57
Last Modified: 06 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item View Item