Nova Tsamrotul Jannah, (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK SKIMMING PADA KETERAMPILAN MEMBACA KOMPREHENSIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MTS YAPIIM DUKUH INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (994kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) | Preview |
Abstract
Membaca sebagai keterampilan mendasar yang harus dimiliki siswa tidak diperhatikan sebagai pondasi dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Rendahnya keterampilan membaca secara komprehensif siswa dilegitimasi dengan sistem pengajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan metode yang kurang efektif dan efisien, sehingga siswa tidak maksimal dalam membaca secara komprehenshif. Rendahnya keterampilan membaca siswa yang diakibatkan oleh ketidakefektifan metode pembelajaran tersebut terbukti dengan rendahnya nilai siswa dan belum mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampillan membaca komprehensif siswa dengan teknik membaca skimming. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitan ini adalah kelas VII siswa MTs Yapiim, sedangkan sampelnya terdiri dari kelas VII A dan kelas VII B MTs Yapiim. Dalam menunjang pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes yaitu pretest dan postest. Sedangkan intrumen penelitian ini menggunakan uji validitas berupa validity content dan uji realibilitas menggunakan SPSS 22.0. Selanjutnya data tersebut diuji dengan tiga tahap, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 22.0. untuk mendapatkan data yang akurat untuk kemudian peneliti simpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa teknik membaca skimming efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca komprehensif siswa di MTs Yapiim Dukuh Indramayu. Meningkatkan keterampilan membaca komprehensif dengan teknik membaca skimming dapat diimplikasikan menjadi acuan bagi masyarakat, guru, dan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dapat berguna dan bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Komprehensif, Skimming, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 08:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 08:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8477 |
Actions (login required)
View Item |