Ahmad Said Basus, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS 10 DI MAPK WADI SOFIA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumberdaya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional dinegara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media aplikasi wordwall dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian adalah : 1) Untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadapa penggunaan media aplikasi wordwall. 2) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan media aplikasi wordwall. 3) Untuk mengetahaui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument penelitian adalah angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan media pembelajaran setelah menggunakan media aplikasi wordwall diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendahnya yaitu sebesar 65, nilai rata-rata sebesar 75,37 ini termasuk dalam kategori baik, respon siswa terhdap penggunaan media media aplikasi wordwall pada indikator 1 yaitu sebesar 74,76%, pada indikator 2 sebesar 96,98%, pada indikator 3 sebesar 71,06%, jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi wordwall dalam pokok bahasan trigonometri memiliki peran yang penting dalam keberhasilan belajar perseta didik. Terdapat pengaruh penggunaan media aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis menunjukan bahwa R Square tersebut diperoleh R Square sebesar 0,475 (47,5%) dari koefisien korelasi (0,725), berkontribusi terhadap hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Trigonometri. Sedangkan 52,5% dikarenakan ada faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Wordwall, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 03:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8500 |
Actions (login required)
View Item |