Pemanfaatan Sampah Sebagai Hidden CurriculumUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X

Sri Nopia, (2022) Pemanfaatan Sampah Sebagai Hidden CurriculumUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah yang ada di lingkungan belajar tidak di programkan dalam kurikulum formal sehingga sampah berserakan harus diselesaikan dan dimanfaatkan, sementara sekolah tidak memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran, tercapainya tujuan pendidikan maka berlakulah “Hidden curriculum”. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, Mendeskripsikan Persepsi siswa terhadap Pemanfaatan Sampah Sebagai “Hidden Curriculum” pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Plumbon kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design desain ini dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan observasi, tes dan angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian yang di peroleh dari penelitian ini menunjukan 1) Terdapat perbedaan peningkatan aktivitas pembelajaran siswa secara terus menerus dari pertemuan satu sampai tiga, aktivitas individu dengan kategori “Tinggi” dan aktivitas kelompok dengan kategori “Sangat Tinggi”. 2) Terdapat peningkatan perbedaan hasil belajar yang siswa yang signifikan antara kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,51 kriteria “Sedang”, dengan kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain 0,28 kriteria “Rendah”, nilai signifikansi yang diperoleh 0,030<0,05. 3) Persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan sampah sebagai hidden curriculum secara keseluruhan diperoleh 50% dengan kriteria “Sangat Kuat”, 42% kriteria “Kuat” dan 8% kriteria “Cukup”, hasil persentase menunjukan siswa merespon pembelajaran dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan sampah sebagai hidden curriculum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dan siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajar biologi yang menerapkan pemanfaatan sampah sebagai hidden curriculum.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sampah, Hidden Curriculum, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:46
Last Modified: 07 Dec 2022 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item