ANALISIS SOAL DITINJAU BERDASARKAN TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM DAN CRITICAL THINKING PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI

Ajeng Mudaningrat, (2022) ANALISIS SOAL DITINJAU BERDASARKAN TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM DAN CRITICAL THINKING PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan KD pada soal Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil yang dibuat oleh guru, menganalisis kualitas soal UAS Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan Taksonomi Bloom dan menganalisis kualitas soal UAS Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan Critical Thinking. Subjek penelitian adalah soal Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil mata pelajaran biologi kelas XI tahun ajaran 2021/2022 yang diujikan di sekolah yang ada di wilayah Cirebon yaitu SMAN 1 Lemahabang, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon dan MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon. Teknik pengumpulan data terdiri dari dua tahap diantaranya tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yaitu menganalisis soal dan melakukan tabulasi data. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan muatan KD pada SMAN 1 Lemahabang dinilai sudah baik, sedangkan MAN 3 Buntet Pesantren dan MA NU Putri Buntet Pesantren muatan KDnya tidak merata dan masih condong pada salah satu KD lalu soal UAS yang dianalisis menggunakan taksonomi Bloom memiliki kualitas yang rendah dimana soal UAS dengan kategori HOTS tertinggi adalah MAN 3 Buntet Pesantren namun belum memenuhi persentase yang sesuai untuk siswa SMA/MA dan soal UAS yang dianalisis menggunakan critical thinking memiliki kualitas yang rendah karena indikator belum sepenuhnya tersampaikan, persebaran indikator tidak merata dan indikator yang paling mendominasi adalah interpretasi. Data tersebut menunjukkan soal yang dibuat oleh guru belum memadai untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis siswa sehingga diperlukan adanya peningkatan kualitas pembuatan soal HOTS dengan level kognitif C4, C5 dan C6 serta soal HOTS dengan karakteristik critical thinking.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: HOTS, Taksonomi Bloom, Critical Thinking, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:47
Last Modified: 07 Dec 2022 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item