ANALISIS TINGKAT AKOMODASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KUALITAS BAHAN AJAR VIDEO BIOLOGI SMA PADA APLIKASI ZENIUS

Leni Eka Hapsari, (2022) ANALISIS TINGKAT AKOMODASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KUALITAS BAHAN AJAR VIDEO BIOLOGI SMA PADA APLIKASI ZENIUS. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat akomodasi pendekatan saintifik dan kualitas bahan ajar video Biologi SMA pada aplikasi zenius. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel tiga materi yaitu fungi, sistem pencernaan dan evolusi. Penelitian ini dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Pendekatan saintifik terdiri dari lima aspek diantaranya aspek mengamati (observing), aspek menanya (questioning), aspek mencoba (experimenting), aspek menalar (associating) dan aspek mengkomunikasikan (networking). Sedangkan untuk kualitas video penilaiannya dilakukan dari aspek materi dan aspek penyajian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat akomodasi pendekatan saintifik aspek observing materi evolusi memiliki presentase relatif lebih tinggi yaitu 20% jika dibandingkan dengan materi fungi dan sistem pencernaan dengan presentase 13,3%. Tingkat akomodasi aspek questioning ketiga materi memiliki presentase yang sama yaitu 20%. Tingkat akomodasi aspek experimenting memiliki presentase yang sama yaitu 0%. Tingkat akomodasi ketiga materi memiliki presentase yang sama dengan presentase sebesar 13,3% Tingkat akomodasi aspek networking ketiga sampel memiliki presentase yang sama yaitu 0%. Sehingga presentase keseluruhan yang diperoleh materi fungi dan system pencernaan yaitu 46,6%, materi evolusi relatif lebih tinggi dengan presentase sebesar 53,3%. Berdasarkan hasil penelitian kualitas bahan ajar video yang ada pada aplikasi zenius dari ketiga sampel menunjukan bahwa ketiga materi tersebut memperoleh presentase yang sama yaitu sebesar 93,4% sehingga dapat dikatakan kualitas bahan ajar aplikasi zenius masuk dalam kategori sangat layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Zenius, Pendekatan Saintifik, Kualitas Video
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:21
Last Modified: 07 Dec 2022 05:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item