ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 PAGADEN SUBANG

Ria Thyara Dwi Putri, (2021) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 PAGADEN SUBANG. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan LOTS (Lower Order Thinking Skills), menganalisis jenis dasar pertanyaan atau stimulus yang terdapat pada soal dan untuk menganalisis persentase soal yang menunjang kemampuan berpikir kritis, kreatif dan pemecahan masalah pada soal Ujian Sekolah mata pelajaran biologi kelas XI IPA menggunakan Taksonomi Bloom Revisi di SMAN 1 Pagaden. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Subjek penelitian yang digunakan adalah soal Ujian Sekolah mata pelajaran biologi kelas XI tahun ajaran 2020/2021 dan soal ujian sekolah tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap diantaranya tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yaitu menganalisis soal dan melakukan tabulasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1. kualitas soal Ujian Sekolah masih di dominasi dengan soal berdimensi proses kognitif mengingat dan memahami yang memiliki kategori LOTS, dengan persentase soal ujian sekolah tahun ajaran 2020/2021 adalah 97%, dan soal ujian sekolah tahun ajaran 2021/2022 86%, sedangkan soal dengan kategori HOTS masih sangat rendah, yaitu soal ujian sekolah tahun ajaran 2020/2021 hanya 3%, dan soal ujian sekolah tahun ajaran 2021/2022 adalah 14%. 2. Jenis stimulus yang terdapat pada soal ujian sekolah meliputi diantarnya gambar/grafik/diagram, simbol/rumus, tabel, contoh peritiwa dan penggalan kasus. Jenis stimulus yang paling banyak adalah stimulus berupa gambar. 3. Persentase soal ujian sekolah yang menunjang kemampuan berpikir kritis hanya 3% dan 11% sedangkan persentase soal yang menunjang kemampuan pemecahan masalah hanya 3% untuk soal tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rendahnya cakupan soal yang dibuat oleh guru untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru biologi di SMAN 1 Pagaden masih perlu diberikan pendampingan dan penguatan dalam menyusun soal-soal yang memiliki kategori HOTS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Soal Ujian Sekolah, HOTS, Taksonomi Bloom Revisi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:02
Last Modified: 07 Dec 2022 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item