SYSTEMATIC REVIEW MENGGUNAKAN METODE PICO MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Siti Nurdiana, (2022) SYSTEMATIC REVIEW MENGGUNAKAN METODE PICO MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Project Based Learning adalah model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan dalam pembelajaran biologi karena mendukung siswa dalam proses investigasi dan eksplorasi. Terdapat banyak riset mengenai Project Based Learning (PjBL). Dari riset-riset tersebut peneliti ingin mengetahui karakteristik khas yang dimiliki oleh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan teknik systematic review. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik PICO yang terdapat dalam artikel jurnal yang membahas mengenai Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dengan systematic review pada artikel jurnal dengan kriteria berbahasa indonesia, terbit setelah tahun 2013 sampai 2021, dan membahas mengeni Project Based Learning (PjBL) pada materi biologi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan artikel jurnal yang direview mengenai masalah yang melatarbelakai penggunaan Project Based Learning (PjBL) mencakup model belajar yang terapkan, kompetensi siswa, dan media belajar yang digunakan untuk proses pembelajaran. Project Based Learning (PjBL) paling banyak digunakan pada materi kelas X yang berkaitan dengan lingkungan. Project Based Learning (PjBL) dapat diterapkan sebagai model pembelajaran dalam kelas atau pada media belajar. Berdasarkan outcome dari hasil review artikel jurnal menunjukkan bahwa Project Based Learning (PjBL) berpengaruh pada peningkatan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif dan kritis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Systematic Review, Metode PICO, Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran Biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:18
Last Modified: 07 Dec 2022 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item View Item