PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA

Lia Merliyana, (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan yang merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat, tanpa pendidikan mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-cita untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup manusia. Guru bertugas untuk membantu peserta didik mempelajari sesuatu yang belum diketahui, membentuk kompetensi, memahami materi yang dipelajari, dan merealisasikan tujuan hidup peserta didik. Penggunaan dan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran dapat membantu siswa dalam memahami semua pelajaran yang disampaikan guru, dengan pembelajaran yang tepat, siswa diharapkan mampu menyelesaikan dan memahami materi ajar agar dapat tercapainya indikator pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep pada pembelajaraan biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (tgt) dengan media teka-teki silang. Penelitian ini difokuskan pada satu sub materi biologi yaitu spermatophyta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pabedilan. Hasil penelitian berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang tinggi, nilai uji hipotesis melalui uji Mann-Whitney U yang lebih rendah dari 0,05, dan nilai rata-rata persepsi siswa yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Maka kesimpulan dari peneitaian ini yaitu peneraapan model pembelajaran kooperatif tipe team gemae tournament (tgt) dengan media teka-teki silang merupakan model yang tepat untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt), Media Teka-Teki Silang, Aktivitas Belajar Siswa, Penguasaan Konsep Siswa, Persepsi Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:25
Last Modified: 07 Dec 2022 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item