Khaerudin, (2021) MUATAN PENDIDIKAN IMAM AL-GHAZALI DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA CADANGPINGGAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (360kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting yang ditempuh oleh manusia. Karena pendidikan memiliki peranan sebagai sarana dalam meraih kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Pentingnya pendidikan sebagai sarana dalam mencapai kebahagiaan hidup dan kesempurnaan, pernah diungkapkan oleh seorang tokoh besar sekaligus ulama besar yang kritis yakni Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali (Al-Ghazali). Setiap periode yang ada, sistem pendidikan tentunya mengalami perubahan kurikulum yang bertujuan menyongsong sistem pendidikan yang lebih baik lagi. Seiring berjalannya waktu pendidikan selalu menemukan kendalanya sendiri, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak melulu menjadi alat bantu melainkan menjadi sedikit kekhawatiran bagi yang menganalisisnya. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan nilai Al-Ghazali dalam pembelajaran Biologi di MA Cadangpinggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sample siswa, Guru Biologi dan Kepala sekolah menggunakan purposif sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi analisis dokumentasi, wawancara, observasi dan studi pustaka. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat pemikiran Al-Ghazali mengenai pendidikan yang memiliki aspek seperti pendidik, peserta didik, kurikulum, pergaulan sosial dan metode pendidikan. Aspek pendidik menerapkan indikatornya yang meliputi, memberi tauladan yang baik, memberi contoh yang baik dan membimbing siswa yang tertinggal mata pelajaran terlaksana secara keseluruhan. Aspek peserta didik melaksanakan indikatornya yang meliputi, hormat kepada guru, fokus dalam belajar dan menerapkan disiplin, meskipun tidak semua siswa sempurna menerapkan hal-hal tersebut. Aspek kurikulum yang terdapat di sekolah tersebut memuat tentang pendekatan ke arah religius baik dalam kurikulum terlihat maupun yang tersembunyi. Aspek pergaulan sosial dilakukan dengan cara memberikan arahan oleh guru kepada siswa tentang pergaulan yang baik. Aspek metode pendidikan dilakukan oleh guru dengan cara menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa lalu mengkolaborasikan antar keduanya, serta menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan sudut pandang agama.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran Al-Ghazali, Pendidikan, Aspek-aspek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 07:28 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8544 |
Actions (login required)
View Item |