PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMAN 5 CIREBON

Adela Febilucito, (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMAN 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Discovery Learning masih terbatas dilakukan di tingkat SMA, salah satunya di SMAN 5 Cirebon. Model pembelajaran Discovery Learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Cirebon, untuk menjelaskan hasil pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI SMA Negeri 5 Cirebon, dan untuk mendeskripsikan respon siswa pada pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI SMA Negeri 5 Cirebon dengan metode discovery learning.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Instrumen berupa lembar observasi, soal, dan angket. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem reproduksi manusia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Cirebon. Hasil belajar siswa SMAN 5 Cirebon meningkat dengan rata-rata pre-test pada kelas eksperimen diperoleh 39.05%±10.54 dan nilai rata�rata post-test pada kelas eksperimen diperoleh 62.5%±14.35. Selain itu respon siswa selama menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh hasil 47% dengan kategori setuju dan 17% dengan kategori sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan efektivitas pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media teknologi virtual dalam meningkatkan keterampilan abad 21.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, model pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:57
Last Modified: 07 Dec 2022 07:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8553

Actions (login required)

View Item View Item