PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sekar Sonata Syahdatina, (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Dampak Covid-19 mempengaruhi aspek pendidikan hal ini membuat proses pembelajaran dilakukan secara terbatas, tidak sebagaimana mestinya. Sehingga para guru harus menentukan dan menyusun bahan ajar yang menarik bagi siswa yaitu e-modul berbasis inkuiri terbimbing untuk menunjang pembelajaran biologi secara terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem, untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, respon siswa dan respon guru pada e-modul biologi berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4D menurut Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tahap 3D (Define,Design,Development) yang diuji cobakan secara terbatas di SMA N 1 Mandirancan. Data penelitian berupa lembar validasi ahli, tes keterampilan berpikir kritis, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian pengembangan tahap 3D dengan menggunakan Flip PDF professional menghasilkan e-modul biologi berbasis inkuiri terbimbing yang kreatif inovatif. Kelayakan e-modul dikategorikan sangat layak menurut ahli materi sebesar 83.50%, ahli media sebesar 84.10%, ahli bahasa sebesar 90.00%, uji keterbacaan sebesar 88.00%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing didapatkan nilai N-gain sebesar 58.02% dikategorikan ˝Sedang˝ atau cukup efektif. Dan respon siswa maupun guru menunjukan respon yang positif dengan rerata persentase 76.29% dan 85.15% dengan kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengeembangan e-modul sampai penyebaran luas (Dissemination) dan pengembangan pada materi yang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:18
Last Modified: 07 Dec 2022 08:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8562

Actions (login required)

View Item View Item