PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Survei pada Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan Tahun 2018)

Robi'atul Adawiyah, (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Survei pada Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan Tahun 2018). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pertama kali muncul atau ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019. World Health Organization (WHO) menyatakan wabah penyebaran virus ini sebagai pandemi dunia. Dan Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar kasus pertama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada awal Maret 2020, Indonesia kemudian dihadapkan pada masa pandemi. Pada semua bidang dilakukan pengadaptasian kebijakan menjaga jarak, begitu juga pada bidang pendidikan. Dengan adanya kebijakan tersebut menjadikan pembelajaran daring yang sebelumnya masih belum maksimal diterapkan menjadi satu-satunya pilihan bentuk pembelajaran. Masih banyak ditemui kendala dalam penerapannya bahkan cenderung membuat peserta didik kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring, minat belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring, dan mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring ini memberikan kemudahan pendidik dalam memberikan pembelajaran dan memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam mengakses dan mencari informasi menganai materi, memudahkan untuk berdiskusi. Pembelajaran daring ini dimanfaatkan pada masa pandemi Covid-19 membutuhkan kemampuan belajar mandiri dengan minat belajar untuk membantu peserta didik melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tadris IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan 2018 sejumlah 141 mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 35 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, regresi liniear sederhana, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket pembelajaran daring berada pada kategori cukup baik yakni sebesar 51,57% dan skala prosentase angket minat belajar berada dalam kategori cukup baik yakni 51,77%. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,853 dengan taraf signifikansi 0,000 terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi (Sig.2-tailed) 0,00 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:12
Last Modified: 09 Dec 2022 05:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8579

Actions (login required)

View Item View Item