Khofifah, (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP KHAS KEMPEK KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER ( HALAMAN LAMPIRAN DEPAN).pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran pasti saja ada rasa jenuh yang dialami siswa, apalagi ketika guru hanya menjelaskan dengan monoton tanpa adanya proses belajar yang menarik dan menyenangkan dari hal tersebut diperlukan startegi dan penerapan media yang menarik untuk mengatasi kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang : (1) strategi yang dilakukan guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII. (2) penerapan media yang menarik untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS. Kerangka dasar pemikiran penelitian ini menganalisa sejauhmana strategi yang dilakukan guru mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan memanfaatkan sarana prasarana yang diberikan oleh sekolah untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, wali kelas VIII dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang dilakukan guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII sudah dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran guru menyampaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada siswa agar tujuan pembelajaran itu tercapai, mengkondusifkan keaadan kelas, memberikan motivasi kepada siswa, melakukan pendekatan dengan siswa, memberikan stimulus ke siswa agar berani bertanya dan menjawab pertanyaan. Meskipun sudah dilakukan berbagai cara tidak dipungkiri masih saja ada beberapa siswa yang masih malu untuk bertanya dan kurang aktif di kelas. Kesimpulan: media yang menarik untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS sudah terealisasikan melalui penggunaan media pembelajaran yang variatif, kesesuaian media dengan materi disertai contoh-contoh yang konkrit, menggunakan sumber belajar yang mendalam. Strategi dan media pembelajaran yang menarik mendapatkan respon yang baik dari siswa, semangat belajar yang meningkat dan lebih mudah memahami materi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, siswa, pembelajaran IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 02:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8580 |
Actions (login required)
View Item |