PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL FIELD TRIP (VFT) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 5 CIREBON

Baharudin Habibi, (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL FIELD TRIP (VFT) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi Pertama, Kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kurang maksimal, hal ini terlihat ketika ada beberapa siswa yang tidak mengerti dengan materi yang di sampaikan Kedua, Kemampuan siswa dalam mengembangkan pola pikimya kurang maksimal, hal ini terlihat ketike siswa mengamati sebuah objek atau kejadian yang terjadi di sekitarnya kurang antusias dalam menanggapi kejadian tersebut. Adanya kondisi seperti itu, maka salah satu media pendukung yang cocok dipakai dalam pembelajaran ini yaitu media yang bisa melatihkan berpikir kritis dengan menggunakan media Virtual Field Trip (VFT) yang akan membawa siswa seperti pada lingkungan sebenarnya Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan media pembelajaran Virtual Field Trip (VFT) terhadap kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran IPS Mengetahui kelayakan media Virtual Field Trip (VFT) pada mata pelajaran IPS. Virtual Field Trip (VFT) merupakan sebuah usaha untuk memberikan otonomi yang lebih di tangan pengguna, dengan memungkinkan pengamatan dilakukan tanpa harus berada di tempat sebenarnya atau memiliki kesempatan untuk mendapat penjelasan dari ahlinya. Tujuan Virtual Field Trip (VFT) Untuk memperkenalkan siswa pada beberapa aspek dan mengembangkan beberapa keterampilan dasar yang di butuhkan oleh siswa, Selain itu VFT juga bisa digunakan untuk mempersiapkan siswa untuk masuk ke lapangan atau trip yang sebenarnya, dan juga dapat dijadikan sebagai bentuk tindak lanjut setelah perjalanan atau trip yang telah dilaksanakan sebelumnya Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang disebut Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas VII MTSN 5 Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi, validasi. Teknis pengumpulan data observasi dan kuesioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Virtual Field Trip (VFT) mata pelajaran IPS materi sejarah kehidupan masa pra aksara ini layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat diproduksi sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VII di MTS Negeri 5 Cirebon schingga mampu merangsang kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan memotivasi siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Virtual Field Trip (VFT), Kemampuan Berpikir Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:27
Last Modified: 09 Dec 2022 05:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item