PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING PADA ERA PANDEMI TERHADAPlHASIL,BELAJAR IPS SISWA DI MTsN 1 KOTA CIREBON

Muhammad Irfan Fadhillah, (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING PADA ERA PANDEMI TERHADAPlHASIL,BELAJAR IPS SISWA DI MTsN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pengalaman belajar terencana yang berupa pendidikan formal dan nonformal yang bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan individu. Berdasarkan hasil observasi peneliti di MTsN 1 Kota Cirebon guru sudah memberikan materi dan pengajaran yang baik, namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam kondisi pandemi sekolah menerapkan pembelajaran daring melalui aplikasi e-learning, dari hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih dalam apa dan bagaimana pembelajaran melalui aplikasi e�learning. Tujuanlpenelitianiinijadalah.untuk memperoleh data penggunaan,aplikasi e-learning, untuk memperoleh data hasil belajar mata pelajaran IPS dengan memakai aplikasi e-learning, dan untuk memperoleh data pengaruh[penggunaan aplikasi e-learningiterhadaplhasilhbelajar0siswa.7 Aplikasi e-learning adalah sebagai langkah praktis dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi sekarang ini dan diharapkan siswa bisa belajar sejak dini bagaimana cara menggunakan aplikasi internet secara baik dan bijak. Dilihat dari manfaatnya aplikasi e-learning lebih mudah dipahami dibandingkan dengan aplikasi belajar yang lainya karena terdapat fitur-fitur yang menarik sehingga siswa tidak bosan dalam menggunakannya. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitianikuantitatif deskriptifldenganitekniklpengumpulangdata8observasi,1kuisioner (angket)hhdan dokumentasi menggunakan skala likert. Populasi berjumlah 864 siswa kemudian dipilih dengan cara cluster sampling sehingga mendapatkan sempel sebanyak 32 siswa atau satu kelas yang terpilih adalah VIII B. Analisis data yang digunkan ialah uji prosentase, ujilnormalitas,kuji homogenitas, ujii linearitas, ujiikorelasi, uji determinasi, ujijregresi, dan hipotesis. Hasil penelitian ini memperoleh data pengaruh penggunaan aplikasi e�learning pada era pandemi terhadap hasil belajar IPS siswa MTsN 1 Kota Cirebon dari hasil perhitungan prosentase sebesar 59, 28%, skor tersebut tergolong pada kategori cukup baik yang berada antara 55% - 70%. Serta pearson correlation sebesar 0,661. Nilai korelasi ini berada direntang antara 0,4-0,7 yang memiliki arti tingkat hubungan kedua variabel X dan Y tingkat pengaruhnya cukup kuat. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan mendapatkan rata-rata hasil belajar 70,53 dari 32 siswa dengan memperoleh prosentase sebesar 43% dari rentang 40%- 49% dari hasil ini dinyatakan hampir setengahnya. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruhipenggunaan aplikasi e-learning dan hasillbelajariIPS siswa dengan tingkat pengaruh yang cukup kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi e-learning, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:19
Last Modified: 09 Dec 2022 05:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item