PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DARING DI ERA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 1 TALUN KABUPATEN CIREBON

Riany Alti Pratami, (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DARING DI ERA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 1 TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Covid-19 di Indonesia mengakibatkan perubahan strategi pembelajaran secara serempak. Sebelum covid, pembelajaran dilakukan tatap muka berubah menjadi daring. Penerapan strategi pembelajaran IPS SMPN 1 Talun hanya menggunakan Whatssapp. Pembelajaran melalui Whatssapp mengakibatkan kurangnya sikap partisipatif siswa, terlambatnya penyelesaian LKPD. Hal ini membuat sekolah memikirkan strategi yang cocok untuk diterapkan. Akhirnya sekolah memutuskan strategi pembelajaran IPS daring dengan menerapkan aplikasi Google Class Room sebagai aplikasi wajib yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran IPS daring, mengetahui wujud motivasi belajar siswa kelas IX dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran IPS daring siswa kelas IX SMPN 1 Talun Kabupaten Cirebon di era covid-19. Penerapan strategi pembelajaran IPS daring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 1 Talun Kabupaten Cirebon di Era Covid-19 dengan menerapkan strategi baik melalui aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi, menerapkan KOBAM, memberikan tugas melalui LKPD dan memberikan motivasi kepada siswa melalui pendekatan serta paguyuban wali murid. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas IX dengan informan Ibu Kepala Sekolah, Guru IPS (2 Orang) serta siswa (7 orang).Teknik pengumpulan Data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data ialah peneliti itu sendiri sebagai alat penelitian. Teknik analisa yang digunakan yaitu model interaktif dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan Verifikasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan: 1) Penerapan strategi pembelajaran IPS daring di SMPN 1 Talun menggunakan Google Class Room, memberikan tugas melalui LKPD setiap 2 minggu sekali, diadakan KOBAM serta adanya pendekatan yang dilakukan oleh wali kelas kepada peserta didik maupun wali murid melalui paguyuban. 2) Wujud motivasi belajar siswa kelas IX yang menghasilkan hal tersebut dirasakan oleh wali kelas karena siswa lebih berpartisipatif dan tugas yang diberikanpun dikumpulkan dengan tepat waktu. 3) Faktor pendorong dalam melaksanakan strategi pembelajaran IPS daring yaitu keterampilan guru bekerja sama memahami aplikasi pembelajaran daring, kelengkapan fasilitas sekolah dan kerja sama melalui peran orangtua. Adapun faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran IPS daring yaitu lemahnya motivasi dari diri peserta didik, ekonomi keluarga dan signal yang tidak terlalu baik serta keterbatasan kuota.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Daring, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:00
Last Modified: 09 Dec 2022 05:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item