IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALPADA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA

M. Didi Wahyudi, (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALPADA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman budaya yang ada di Indonesia sehingga muncul beberapa konflik yang disebabkan adanya perbedaan suku, adat, ras, budaya dan agama. Salah satu faktor kegagalan pendidikan adalah kurangnya penanaman nilai-nilai multikultural tehadap pendidikan dalam perspektif Ki Hajar Dewantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan di Indonesia, bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif Ki Hajar Dewantara serta untuk memahami upaya implementasi nilai-nilai multikultural pada pendidikan dalam perspektif Ki Hajar Dewantara. Pendidikan multikultural sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, apalagi di Indonesia sendiri yang terdiri dari banyaknya suku, agama, ras dan antargolongan, jika kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai multikulturalnya rendah bisa mengakibatkan terjadinya perpecahan karena menganggap kedudukan golongan sendiri lebih tinggi dari yang lainnya. Salah satu tokoh pendidikan yang mempelopori pendidikan multikultural adalah Ki Hajar Dewantara, beliau adalah tokoh yang mendapat julukan guru bangsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library research). Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti buku-buku, catatan, atau lainnya yang mendukung untuk penelitian ini. Adapun pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, Ki Hajar Dewantara mempunyai pemikiran bahwa melalui proses pendidikan dapat membawa masyarakat pada kesadaran akan pentingnya membangkitkan semangat dan tekad untuk mengubah tatanan kehidupan kolonial. Kedua, konsep pendidikan yang menganut sistem among yaitu bentuk pengajaran yang memerlukan perhatian menyeluruh terhadap peserta didik. Serta yang terakhir adalah upaya dalam implementasi nilai-nilai multikultural dengan memperhatikan aspek pendidikan keteladanan, sistem pendidikan serta menerapkan aspek-aspek kemanusiaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Multikultural, Perspektif Ki Hajar Dewantara
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 05:11
Last Modified: 09 Dec 2022 05:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item