Aji Santoso, (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran sejatinya mengedepankan pembaharuan yakni selalu mengikuti perekembangan zaman. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2014 tentang prinsip pendidikan jarak jauh dengan penggunaan teknologi, namun pada praktiknya tidak dapat berjalan sesuai aturan pemerintah banyak permasalahan yang dihadapi siswa dan guru yakni poin utamanya adalah ketidakmampuan dalam memahami teknologi membuat permasalahan tersebut sukar diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Kesulitan yang dihadapi siswa dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran IPS, 2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa, 3) Strategi mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berpikir bahwa pendidikan saat ini telah memasuki era disrupsi menuju digitalisasi. Sejak covid-19 dinyatakan sebagai pandemi, maka proses pembelajaran dilakukan secara online. Salah satu media belajar online yang saat ini diterapkan adalah aplikasi Google Classroom. dimana proses belajar mengajar menggunakan aplikasi tersebut sebagai alterntif belajar. Akan tetapi, ketidaksiapan belajar berbasis digitalisasi ini memicu adanya permasalahan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Kesulitan belajar siswa dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran IPS meliputi jaringan internet tidak stabil, fasilitas belajar tidak mendukung, keterbatasan sumber daya manusia dalam keterampilan menggunakan aplikasi Google Classroom, beban tugas sekolah, dan kesehatan yang menurun, 2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran IPS, meliputi dua faktor yakni fakor dalam diri siswa (internal) yang bersifat kognitif (intelegensi), afektif (pedagogis), serta psikomotorik (fisiologis) kemudian faktor dari luar siswa (eksternal) yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah, 3) Strategi mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas, pemberian kuota belajar, serta melakukan pengelolaan dan perencanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa, Aplikasi Google Classroom |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8667 |
Actions (login required)
View Item |