Efektivitas Pembelajaran IPS Menggunakan E-learning di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon

Sri Haryati, (2021) Efektivitas Pembelajaran IPS Menggunakan E-learning di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan bisa di lihat dari proses pembelajaran itu berlangsung, bagaimana guru mampu mengelola kelas dengan baik agar proses pembelajaran berjalan efektif, dan mampu memajukan atau mewujudkan tujuan pendidikan. Efektivitas bisa diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Pembelajaran dianggap efektif apabila skor yang dicapai siswa memenuhi batas minimal kompetensi yang telah dirumuskan. E-learning adalah media pembelajaran online yang bersifat open search, dengan menggunakan media e-learning yang dapat di operasikan lewat internet, maka proses pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin, karena banyak manfaat baik bagi yang mengajar maupun yang mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian disini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan, untuk memperoleh data lapangan, penulis melakukan observasi wawancara atau interview, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Ips menggunakan e-learning di MTs Negeri 3 Cirebon dalam proses pembelajaran IPS anak�anak mempunyai tahapan-tahapan yang pertama harus masuk ke akun e-learning masing�masing terlebih dahulu, lalu absen, kemudian anak-anak masuk ke bahan ajar untuk mencatat materi yang terdapat pada bahan ajar yang sudah dikelompokkan oleh guru dalam setiap pertemuan yang tercantum dalam RPP yang sudah dibuat oleh guru. Dalam proses pembelajaran IPS melalui e-learning juga terdapat kendala-kendala salah satunya adanya sinyal yang kurang bagus. Efektivitas pembelajaran IPS menggunakan e-learning dilihat dari hasil uts bisa dikatakan kurang efektif karena ada bebearapa anak yang tidak mengerjakan tugas, nilai nya kurang dari ketuntasan minimum. Dilihat dari ketuntasan belajar dari mulai mengumpulkan tugas harian, nilai uts, uas, anak-anak banyak yang sudah mencapai ketuntasan minimum, untuk pengumpulan tugas juga anak-anak banyak yang mengumpulkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Tetapi ada beberapa anak yang nilainya tidak memenuhi ketuntasan minimum dan telat dalam pengumpulan tugas, dengan ini Ibu Najemah mengatakan pembelajaran IPS melalui e-learning itu dikatakan kurang efektif. Factor pendukung pembelajaran melalui e-learning adalah Guru di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon melakukan pembelajaran e�learning karena factor kondisi, peraturan pemerintah, serta tugas dan peran seorang guru untuk mampu memberikan kualitas pembelajaran yang baik dalam segala kondisi. Adapun factor penghambat dalam proses pembelajran e-learning di MTs Negeri Cirebon ini adalah karna factor internal dan eksternal, mulai dari siswa yang tidak mempunyai laptop ataupun handphone android karena orang tuanya memiliki keterbatasan ekonomi, sinyal yang kurang memadai karena tempat tinggal sisawa yang rumahnya di pelosok�pelosok sehingga menghambat proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, E-learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:21
Last Modified: 19 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item View Item