Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa di Kelas VII MTS Madinatunnajah Kota Cirebon

Arena Molfiyah, (2022) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa di Kelas VII MTS Madinatunnajah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran inkuiri yang digunakan adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan ajar yang di berikan kepada siswa, bahan ajar merupakan bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, pengertian ini menjelaskan bahwa suatu bahan ajar haruslah di rancang dan ditulis dengan kaidah intruksional, karena akan digunakan oleh guru untuk membantu dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPS di kelas VII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon, 2) Untuk Mengetahui peningkatan kreatifitas dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon, 3) Untuk Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon dengan populasi 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Prosedur penelitian melakukan tahap persiapan, penyususnan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan pembuatan laporan. Hasil dari penelitian ini siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan yang cukup segnifikan dengan prsentase pada pertemuan pertama rata-rata sebesar 74%, pada pertemuan kedua rata-ratanya meningkat sebesar 83%, dan pertemuan ketiga rata�ratanya sebesar 87%. Berbeda pada peningkatan kreatifitas siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model berbasis inkuiri terbimbing dengan nilai signifikan 72,69% dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan nilai 59,17% dan respon siswa terhadap pembelajaran IPS menggunakan model inkuiri terbimbing dengan presentase yang mencapai nilai 67% dengan kriteria kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kreatifitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:58
Last Modified: 19 Dec 2022 06:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8692

Actions (login required)

View Item View Item