Mia Rosmiati Agustina, (2022) Studi Korelasi Antara Sense of humor Guru Dengan Student engagement Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Sense of humor adalah kemampuan seseorang dalam mengamati, merasakan dan menanggapi sesuatu yang lucu atau bersifat humor serta dapat juga digunakan sebagai cara seseorang mengatasi stress dalam menghadapi kehidupannya. Dalam belajar mengajar, menjadi seorang guru yang memiliki selera humor adalah hal yang tidak mudah, namun harus tetap dilakukan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan rileks untuk siswa. student engagement adalah keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar disekolah yang dilihat dari perilaku, emosi dan kognitif siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran yang ditandai oleh adanya ketertarikan serta usaha siswa pada tugas-tugas yang diberikan dan keikutsertaan siswa pada kegiatan sekolah lainnya baik di dalam kelas atau di luar kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara sense of humor guru dengan student engagement pada siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel X (sense of humor guru) dan variabel Y (student engagement).Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 14 Kota Cirebon dengan jumlah yang dipilih sebagai sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan studi dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, liniertas, korelasi, determinasi dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat sense of humor guru pada hasil angket yang telah disebar kepada 33 responden kelas VII yaitu 76,93 termasuk kategori baik (2) tingkat student engagement pada hasil angket yang telah disebar kepada 33 responden kelas VII yaitu 72,23 termasuk kategori baik (3) pada uji normalitas hasil menunjukkan pada asymp.Sig memperoleh hasil 0,965, oleh karena itu 0,965 > 0,05. (4) pada uji linieritas diperoleh dari deviation from linearity yaitu F = 2,148 dengan Sig = 0,070, oleh karena itu 2,148 > 0,05. (5) pada uji korelasi dilihat dari skor pearson correlation sense of humor guru dengan student engagement sebesar 0,380 dengan nilai signifikan 0,029, sehingga 0,029 < 0,05. (6) uji determinasi terdapat hasil R = 0,380 sedangkan R square = 0,145, oleh karena itu konstribusi sebesar 14,5%. (7) uji hipotesis berdasarkan hasil output SPSS terdapat nilai sig = 0,029 dan thitung sebesar 2,289. ttabel dicari dengan (df) n-2 atau 33-2 = 31 dan taraf signifikan 0,05, maka ttabel = 1,69552. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung = 2,289 > ttabel = 1,69552 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan antara sense of humor guru dengan student engagement.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sense of humor guru, student engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 07:24 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 07:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8698 |
Actions (login required)
View Item |