Elok Alfain Luthfie, (2022) Peran Orang tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Anak Usia SMP/ MTs di Desa Kempek). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Pada saat pandemi covid 19 ini, siswa dianjurkan untuk melakukann pembelajaran jarak jauh (PJJ), daring ini merupakan solusi pemerintah supaya anak tetap belajar walau hanya dirumah. Dalam hal ini orang tua berperan penting sebagai pembimbing, penasihat, dan pengawas. Dan tentu dari pihak sekolah pun bekerja sama dengan orang tua di rumah guna meningkatkan motivasi belajar pada anak tepatnya di mata pelajaran IPS. Oleh sebab itu, anak memerlukan pendamping dan pembimbing ketika belajar dirumah guna memberikan motivasi. Penelitian ini sendiri dilakukan bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi, untuk mengetahui motivasi belajar anak pada pelajaran IPS di masa pandemi Covid 19, serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak. Peran orang tua merupakan hal terpenting dalam menentukan prestasi belajar anak, orang tua sebagai Korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Inisiator, Fasilitator, Pembimbing, yaitu membimbing dan membina anak ke arah kehidupan yang bermoral, rasional, dan berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama. Sedangkan Motivasi belajar merupakan daya penggerak yang dapat mendorong diri seseorang untuk melakukan sesuatu hingga mencapai tujuan, utama nya saat pandemi Covid 19. Pandemi covid 19 sendiri merupakan wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas dan Covid 19 sendiri ialah singkatan dari corona virus disaens tahun 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis sendiri ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian akan dianalisis melalui tahap reduksi data, menyajikan data lalu verifikasi data. Sebagai kesimpulan akhir dari pembahasan ini ialah, mengenai cara orang tua memotivasi anak, salah satu nya dengan memberikan perhatian, bimbingan, dan hadiah untuk memotivasi anak. Dari pihak sekolah juga ikut bertanggung jawab menyediakan media informasi untuk siswa. Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang menjadi pendorong serta penghambat bagi orang tua dalam memotivasi anak, antara lain kesibukan diluar dan didalam rumah, susahnya signal internet. Dari segi lain ada yang menjadi pendorong orang tua dari adanya kesempatan pendidikan, Waktu luang, Sarana prasarana yang efektif dan memadai yang sesuai dengan pembelajaran dimasa pandemi covid 19.
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, pandemi covid 19 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:08 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8708 |
Actions (login required)
View Item |