PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 SUSUKANLEBAK KABUPATEN CIREBON

Yetti Rohayati, (2022) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 SUSUKANLEBAK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat di era globalisasi ini berdampak baik bagi pendidikan khususnya dalam penggunaan media pembelajaran. Kini banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk menunjang materi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran, sementara itu penggunaan media yang berbasis aplikasi Canva masih menjadi hal baru bagi sebagian guru. Pada mata pelajaran IPS penggunaan media saat proses pembelajaran belum diterapkan secara maksimal. Dalam hal ini terdapat beberapa permasalahan yang ditemui diantaranya yaitu guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang tepat, respon siswa rendah saat pembelajaran karena guru terbiasa mengajar dengan metode ceramah tanpa media pembelajaran, sehingga banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat penggunaan media pembelajaran aplikasi canva, hasil belajar siswa, serta seberapa besar pengaruh yang diberikan media pembelajaran aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Aplikasi Canva merupakan salah satu platfrom yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Platfrom ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Contoh aplikasi canva sebagai media pembelajaran yaitu dapat digunakan sebagai classroom, membuat slide presentasi pembelajaran, membuat video pembelajaran, dan poster pembelajaran. Dalam penelitian ini siswa ditugaskan untuk membuat slide presentasi pembelajaran dan poster pembelajaran secara berkelompok. Setelah penggunaan media aplikasi canva siswa akan diberi soal post tes yang bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan variabel yaitu variabel X (Media pembelajaran aplikasi canva) sedangkan untuk variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Susukanlebak yang berjumlah 188 siswa yang kemudian dipilih melalui teknik Proporsional Simple Random Sampling. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat penggunaan media pembelajaran aplikasi canva sebesar 80,66% termasuk kedalam kategori sangat baik (2) Hasil belajar siswa sebesar 81,16 termasuk kedalam kategori sangat baik, (3) nilai sig. sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:34
Last Modified: 19 Dec 2022 08:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item