Fadillah, (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJARAN IPS SUB POKOK PLURALITAS (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU NUURUSSHIDIIQKOTA CIREBON). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan harus sesuai dengan perubahan sosial budaya masyarakat yang terus berkembang, yang mendambakan adanya transparansi, perlakuan yang sama, adil, jujur bagi setiap manusia (demokrasi) dan menjunjung tinggi hak-hak manusia. Untuk itu penting kiranya untuk memasukkan nilai-nilai positif demokrasi dalam sistem pendidikan, terutama pada aspek pembelajaran. Nilai�nilai demokrasi dapat ditanamkan melalui Pembelajaran IPS sub pokok pluralitas. Dalam pembelajaran IPS sendiri, nilai-nilai demokrasi merupakan pembelajaran secara sadar dan terencana untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, dan kritis terhadap lingkungan sekitar yakni di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Pluralitas adalah perbedaan yang harus kita terima. Secara sederhana, pluralitas adalah keberagaman, kemajemukan yang ada di bumi ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui nilai-nilai demokrasi yang ditanamkan pada siswa melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas pada siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon, (2) Untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas di kelas VIII SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas di kelas VIII SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori yang sudah ada dengan mengumpulkan data mengenai penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas, serta upaya untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai demokrasi telah ditanamkan dengan baik dalam pembelajaran IPS. Nilai-nilai demokrasi yang dikembangkan dengan baik diantaranya nilai toleransi, nilai kebebasan berkelompok, nilai kebebasan berpendapat, kerjasama dengan sesama, percaya diri. Cara penanaman nilai-nilai demokrasi dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, ceramah, di luar kelas dan demonstrasi. Faktor pendorong penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS adalah pendidik, sarana prasarana, dan budaya di sekolah. Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS adalah alokasi waktu dan kurangnya motivasi dalam diri siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pluralitas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8719 |
Actions (login required)
View Item |