Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Giving Question And Getting Answer dan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon

Ayunda Fatimah Azzahra, (2022) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Giving Question And Getting Answer dan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran IPS ditemukan masalah pada rendahnya hasil belajar siswa, dikarenakan sistem pembelajaran di kelas masih menggunakan metode konvensional dimana penggunaan metode tersebut cenderung akan membuat siswa pasif karena selama pembelajaran guru banyak memberikan ceramah untuk mengejar ketercapaian materi. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu rendahnya hasil belajar siswa dilihat dari hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Maka dalam meningkatkan proses belajar yang menarik dan tidak membosankan, penulis menerapkan metode Giving Question And Getting Answer pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode Giving Question And Getting Answer, hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional dan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Giving Question And Getting Answer dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Metode Giving Question And Getting Answer ini adalah metode untuk meninjau ulang atau reviewing strategies, yang mana pada metode ini dapat mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum mereka fahami dan menjelaskan kembali materi yang sudah mereka pahami. Dalam jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif, menggunakan metode eksperimen. Populasi yang peneliti ambil yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gempol yang berjumlah 272. Sampel pada penelitian ini dipilih purposive sampling, yaitu siswa kelas VIII F yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII G yang berjumlah 30 orang dengan total siswa 60 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan untuk teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Giving Question And Getting Answer dan metode konvensional yang signifikan pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Gempol Kabupaten Cirebon kelas VIII yang dapat dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan melihat nilai sig (2-tailed) 0,000 yang mana lebih rendah dari 0,05 maka dengan demikian Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer dengan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis merekomendasikan kepada guru maupun peneliti selanjutnya guna mengembangkan metode pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode GQGA, Hasil Belajar, Metode Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:10
Last Modified: 20 Dec 2022 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item