Firaszulfa Anrisya, (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Point Counter Point Terehadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 13 Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik, karena guru masih menggunkan metode pembelajaran yang konvensional sehingga membuat proses pembelajaran menjadi bosan, jenuh dan membuat peserta didik kurang mengembangkan kemampuan berpikirnya serta masih kurangnya rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Dalam hal ini pendidik harus lebih kreatif dan mampu memilih serta memilah metode pembelajaran yang lebih menarik, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran point counter point agar peserta didik dapat mengungkapkan pendapatnya dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran . Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran point counter point pada mata pelajaran IPS, mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas VIII, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran point counter point terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 13 Majalengka. Model pembelajaran point counter point merupakan model pembelajaran yang aktif dan dapat membuat peserta didik dapat lebih aktif baik dalam bertanya maupun mengeluarkan gagasan-gagasan atau pendapatnya pada saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu kelas VIII.1 sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran angket respon siswa terhadap model pembelajaran point counter point dan angket keaktifan siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis regresi yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran point counter point terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil rekapitulasi angket penerapan model pembelajaran point counter point sebesar 77,37% dengan kategori “baik sekali”, sedangkan untuk angket keaktifan siswa sebesar 73,17% kategori “baik”. Adapun hasil uji korelasi antara variabel X dan Y ialah sebesar 0,609 dengan taraf signifikan 0,000<0,005. dan berdasarkan hasil uji hipotesis regresi diperoleh thitung (4,067) > ttabel (1.596). Maka Ha diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran point counter point terhadap keaktifan siswa di MTs Negeri 13 Majalengka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Point Counter Point, Keaktifan Siswa, IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:36 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8744 |
Actions (login required)
View Item |