Pengelolaan Sarana dan Prasaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Ash-Shalah Kaliwas

Rizki Ramadhan, (2021) Pengelolaan Sarana dan Prasaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Ash-Shalah Kaliwas. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover - Daftar isi.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana yang ada di MA Ash-Shalah masih terdapat kurang memadai, masih terdapat kekurangan sarana dan prasarana di MTs. Al Hasanah Medan. Mutu pembelajaran di MA Ash-Shalah Sumber lebih berpengaruh pada guru, siswa dan sarana. Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di MA Ash-Shalah Sumber dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sarana dan prasarana. Dalam penerapan manajemen sarana dan Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah adanya sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu diharapkan kepada semua madrasah agar mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai pada saat dibutuhkan, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien dan tercapailah tujuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif yakni pendekatan yang bersifat deskriptif, dalam bentuk data-data berupa keterangan subyek, uraian kata-kata atau kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MA ash�shalah, Untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang ada di ma ash-shalah, Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di MA ash-shalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana yang ada di MA Ash-Shalah Sumber rusak ringan dan rusak berat untuk itu diperlukannya perbaikan sarana dan prasarana. proses berjalanya pendidikan di madarasah masih dalam tahap perkembangan karena pada dasarnya sarana ini belum memenuhi sarana kebutuhan media pembelajaran di kelas, adapaun masalah yang menghambat proses pembelajaran yang efektif di karenakan kurangnya Administrasi untuk memenuhi sarana yang menunjang proses kegiatan pembelajaran, dan juga komunikasi antar guru dan murid yng kurang dalam hal pembelajaran masoh banyak guru yang belum bertanggung jawab atas kinerjanya di karenakanan pendapataan yang seadanya dari tenaga pendidik mengakibatkan krangnya kinerja guru di MA Ash-Shalah Sumber.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:24
Last Modified: 20 Dec 2022 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item