Siti Khodijah, (2020) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA AL-ISHLAH BOBOS KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Setiap manusia pada hakikatnya itu adalah pemimpin dan setiap manusia akan selalu diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya kelak. Manusia sebagai pemimpin minimal mampu memimpin dirinya sendiri. Kepemimpinan merupakan suatu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan oleh manajer yang efektif. Esensi kepemimpinan ini pada dasarnya adalah kepengikutan kemauan orang lain atau bawahan untuk mengikuti keinginan pemimpin, itulah yang menyebabkan seseorang menjadi pemimpin. Supervisi memiliki kedudukan sentral dalam upaya pembinaan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Dalam supervisi ini bisa menumbuhkan bimbingan yang diberikan untuk guru-guru dan para siswa untuk memperbaiki situasi kegiatan pembelajaran untuk menuju ke arah kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan bisa lebih meningkat lagi. Dilakukannya supervisi untuk membantu guru-guru yang menemui kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengan profesi keguruan, dalam hal ini supervisor lah yang bertugas membantu dan membimbing guru.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Ishlah Bobos. Metode yang digunakan adalah kualitatif, pengambilan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif berupa deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 2) apa yang dilakukan kepala sekolah untuk melakukan penilaian terhadap keaktifan guru. 3) untuk mengawasi persiapan pelaksanaan pembelajaran oleh guru.Setiap laporan penelitian dibuat sesuai dengan metodologi penelitian. Peneliti harus memahami metodologi penelitian yang merupakan sebuah cara atau langkah-langkah sistematis untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8781 |
Actions (login required)
View Item |