Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas Kuningan

Darwis Mochammad Ibrahim, (2022) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas Kuningan. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Bauran strategi pemasaran merupakan alat yang dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan yang mampu menarik animo dan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah tersebut. Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas Kuningan merupakan salah satu sekolah yang mampu menerapkan bauran strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah siswanya dengan baik melalui produk, biaya, lokasi, dan promosi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas Kuningan serta apa saja kendala yang dialami dan apa upaya yang dilakukan, juga apa dampak strategi pemasaran yang diimplementasikan dalam menarik minat masyarakat. Metode penelitian ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang diimplementasikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta AL-Ikhlas Kuningan adalah melalui bauran strategi pemasaran yakni dengan mengadakan program-program unggulan sebagai produknya seperti tahfidzul qur’an, marawis, pencak silat, drumben, dan kajian kitab kuning yang sudah banyak meraih prestasi, biaya pendidikan yang gratis, lokasi sekolah yang strategis, serta promosi yang dilakukan kepada konsumen.sangat tepat sasaran. Adapun kendala yang dialami yakni pada promosi melalaui social media, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yakni dengan memaksimalkan promosi melalui brosur yang disebarkan langsung ke lembaga pendidikan pra sekolah. Dampak dari bauran strategi pemasaran yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhlas yakni jumlah siswa yang meningkat setiap tahunnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Jumlah Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:04
Last Modified: 21 Dec 2022 08:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item