Perubahan Level Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VIII Berdasarkan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas Pada Pokok Bahasan statistika

Nurul Itqiyah, (2021) Perubahan Level Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VIII Berdasarkan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas Pada Pokok Bahasan statistika. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Bentuk tes pilihan ganda dan uraian terbatas memiliki karakteristik yang berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, dalam pelaksanaannya bentuk tes memiliki peran penting untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika, namun pada pelaksanaan di SMP Negeri 3 Sumber, guru matematika memberikan tes yang berbeda pada setiap materinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perubahan kemampuan kognitif matematika siswa yang mendapatkan perlakuan berupa tes pilihan ganda; (2) mengetahui perubahan kemampuan kognitif matematika siswa yang mendapatkan perlakuan berupa tes uraian terbatas; (3) mengetahui perubahan kemampuan kognitif matematika siswa yang mendapatkan perlakuan berupa tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas) dan; (4) mengetahui perbedaan kemampuan kognitif berdasarkan bentuk tes. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimental dengan menggunakan desain pretest posttest, nonequivalent multiple-group design. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber dengan mengambil sampel 60 siswa berdasakan teknik simple random sampling. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata�rata perubahan kemampuan kognitif siswa pada kelompok yang mendapat perlakuan berupa tes pilihan ganda tergolong sedang dengan nilai rata-rata N-Gain 0,6843; (2) rata-rata perubahan kemampuan kognitif siswa pada kelompok yang mendapat perlakuan berupa tes uraian terbatas tergolong sedang dengan nilai rata�rata N-Gain 0,6618; (3) rata-rata perubahan kemampuan kognitif siswa pada kelompok yang mendapat perlakuan berupa tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas) tergolong tinggi dengan nilai rata-rata N-Gain 0,7565 dan; (4) hasil uji hipotesis dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan kognitif yang signifikan berdasarkan bentuk tes. Perbedaan kemampuan kognitif ditunjukkan pada pengujian lebih lanjut, diperoleh adanya perbedaan antara bentuk tes uraian terbatas dengan bentuk tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas) dan perbedaan antara bentuk tes pilihan ganda dengan bentuk tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas), hal ini menunjukkan bahwa pemberian bentuk tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas memberikan efek yang terbaik dibanding kedua perlakuan lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Pilihan Ganda, Uraian Terbatas, One Way Anova
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:43
Last Modified: 22 Dec 2022 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item