Sabillah Damayanti, (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Kreativitas Matematis Siswa Dalam Konteks Pembelajaran Jarak Jauh. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai diterapkan di Indonesia semenjak awal tahun 2020 guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Hal ini menyebabkan banyak perubahan dalam kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara tatap muka beralih ke PJJ. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat instrumen penilaian kreativitas matematis siswa pada masa PJJ. Pengembangan dilakukan dengan tahapan: (1) Penyusunan spesifikasi tes (2) Penulisan soal tes (3) Telaah soal tes (4) Pebaikan soal tes (5) uji coba tes (6) Analisis butir soal tes dan (7) Penafsiran hasil tes. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, expert judgment dan tes. Validasi instrumen dilakukan oleh tiga orang ahli di bidang pendidikan matematika untuk mengetahui kualitas instrumen yang dikembangkan. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 1 Arjawinangun, melibatkan 187 siswa kelas VII sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian menghasilkan perangkat instrumen penilaian keativitas matematis yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda, 8 butir soal dikatakan valid dan 2 butir lainnya tidak valid. Hasil uji coba instrumen penilaian memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai cronbach’s alpha yaitu 0,779. Tingkat kesukaran butir soal termasuk dalam kategori sedang berada pada rentang 0,31 – 0,70, sehingga butir soal yang dikembangkan diterima dan layak digunakan untuk melakukan tes dengan tujuan formatif. Dari delapan butir soal, dua butir soal memiliki indeks daya pembeda baik berada pada rentang 0,41 – 0,70 dan enam butir butir soal lainnya memiliki indeks daya pembeda yang baik sekali berada pada rentang 0,71 – 1,00. Ditinjau dari efektivitas pengecoh, secara keseluruhan dilihat dari jawaban peserta tes dikategorikan memiliki distraktor yang berfungsi dengan baik, dari 8 butir soal terdapat 5 butir soal (62,5%) yang semua distraktornya berfungsi dengan baik serta 3 butir soal lainnya (37,5%) terdapat distraktor yang berfungsi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian, Kreativitas matematis, Pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8868 |
Actions (login required)
View Item |